Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengetahui Alat Pemadam kebakaran di kapal yang wajib ada

 


alat pemadam kebakaran di kapal


Alat pemadam kebakaran dikapal sangat penting adanya, peran dari perangkat ini yaitu untuk mencegah terjadinya suatu peristiwa kebakaran, untuk itu penting untuk mengetahui apa saja perangkat pencegah kebakaran yang harus ada didalam kapal.

Keberadaan Alat pemadam kebakaran dikapal sangatlah penting bagi keselamatan, bukan hanya pelampung atau sekoci, keberadaan alat ini juga tak kalah pentinggnya khususnya untuk mencegah terjadinya suatu kebakaran.

Kapal sendiri merupakan salah satu alat transportasi yang beroperasi dilaut dengan jumlah muatan/volume yang besar, kapal tidak hanya digunakan untuk mengangkut manusia saja ada juga kapal yang mengangkut berbagai macam benda, mulai dari logistik, batu bara, minyak dan lain-lain

Kapal laut juga memiliki berbagai macam jenisnya 

  1. Kapal tongkang, merupakan kapal yang digunakan untuk mengangkut benda-benda seperti pasir, biji-bijian, batu bara dan lain-lain
  2. Kapal tanker, merupakan kapal yang digunakan untuk mengangkut benda-benda cair dalam jumlah yang besar, seperti minyak bumi, minyak mentah, LNG (liquid Natural Gas), LPG (Liquid Petrolium Gas) dan lain-lain.
  3. Kapal pesiar, merupakan kapal yang digunakan untuk tujuan berlibur/pariwisata, biasanya berisi berbagai fasilitas mewah baik restauran, hotel maupun kolam renang, serta fasilitas mewah lainnya
  4. Kapal kargo/kapal barang, merupakan kapal yang digunakan untuk mengangkut barang-barang dari seluruh dunia yang dimuat dalam container besar.

Potensi bahaya kebakaran dikapal cukup tinggi karena kapal memiliki bahan bakar mesin bertekanan tinggi, sehingga sangat memungkinkan terjadinya kebocoran minyak yang dapat menyebabkan kebakaran. Kalau api sudah membesar maka api akan susah dipadamkan dan dapat menyebabkan kerugian yang begitu besar baik kerguian material maupun non material. Maka dari itu keberadaan alat pemadam kebakaran dikapal harus diperiapkan.


Berikut merupakan Alat pemadam kebakaran dikapal yang harus ada !

1. APAR/alat pemadam api ringan (Fire extinguisher)

APAR ,merupakan alat pemadam kebakaran yang mudah dibawa dan bisa dioperasikan oleh satu orang saja, APAR juga efektif untuk kebakaran awal mula atau api sebelum berkembang membesar dan salah satu tindakan pertama yang dilakukan untuk pemadaman. 

Jenis APAR yang dingunakan dalam kapal biasanya APAR jenis foam (AFFF), tepung kering (dry chemical) dan jenis karbondioksida (CO2).


2. Fire detector & fire alarm

Fire Detector dan alarm merupakan alat proteksi pemadam kebakaran yang paling ujung yang berhadapan dengan api. Alat ini berfungsi mengetahui api sejak dini, alat ini juga disebut EWS (early warning system).

Jenis detektor yang digunakan dalam kapal diantaranya :

  • Detektor asap (Smoke detector) merupakan alat deteksi kebakaran dengan mendeteksi adanya asap yang kemudian alat ini akan memberikan sinyal kepada sistem alarm. Detektor ini sangat cocok ditempatkan di dalam ruangan dengan kebakaran kelas A
  • Detektor panas (heat detector) merupakan alat deteksi kebakaran dengan mendeteksi udara panas disekitar. Peralatan detektor ini dilengkapi dengan suatu rangakaian listrik yang secara otomatis akan mendeteksi kebakaran melalui panas yang diterimanya. Alat ini cocok digunakan pada area yang berisiko tinggi menyebabkan kebakaran seperti tempat penyimpanan bahan cair dan gas yang mudah terbakar.
  • Detektor nyala (detector flame) merupakan alat deteksi kebakaran dengan mendeteksi radiasi infra merah dan ultra violet. Cocok buat kapal yang digunakan mengangkut minyak.


Alarm yang bisa digunakan dikapal diantaranya: 

  • Bel, bel akan berdering jika terjadi kebakaran dapat dioperasikan manual atau disambungkan dengan sistem deteksi kebakaran
  • Sirine, memiliki fungsi yang sama dengan bel, namun bunyi yang digunakan berupa sirine, bisa dioperasikan manual maupun otomatis. Alat ini cocok buat kapal yang besar dan luas.
  • Pengeras suara, berfungi utntuk memberitahu telah tejadi kebakaran atau keadaan emergency kepada seluruh penghuni dengan berbicara langsung dan untuk mengetahui cara serta sarana evakuasi.


3. Hydrant system

Sistem Hydrant merupakan alat pemadam kebakaran dikapal dengan media pemadaman apinya berupa air bertekanan, air berasal dari laut yang kemudian air tersebut ditampung pada sewage. Proses pendistribusiannya menggunakan pompa dan selang hydrant. Pompa yang digunakan adalah main pump. Pipa dan aksesoris dari hydrant ini harus didesain anti karat.

Baca juga: Hydrant sistem

4. Emergency Fire Pump

Emergency fire pump meupakan alat yang wajib ada di kapal, alat yang digunakan apabila terjadi kebakaran yang sudah tidak bisa ditanganai oleh APAR dengan menggunakan mesin disel sebagai energinya alat ini biasanya diletakkan di luar kamar mesin. Emergency fire pump harus berdiri independent, Emergency fire pump dapat diletakkan di steering gear room, atau dekat dengan akses jalan dari ruang akomodasi ke kamar mesin.


Itulah materi mengenai alat pemadam kebakaran dikapal yang harus ada dan harus diperiapkan sebaik mungkin agar kejadian kebakaran dapat diatasi dan kerugian yang dihasilkan tidak terlalu besar.







Posting Komentar untuk "Mengetahui Alat Pemadam kebakaran di kapal yang wajib ada"