Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat bantu pernafasan: tipe, pengaplikasian, pertimbangan keamanan, manfaat serta komponen (set)

 

alat bantu pernafasan



Dalam artikel kali ini akan mempelajari tentang jenis, aplikasi, manfaat, set dan pertimbangan alat bantu pernafasan yang digunakan di berbagai industri. 

Alat bantu pernapasan merupakan alat yang dikenakan oleh seseorang untuk memungkinkan mereka bernapas di lingkungan di mana  mana tingkat oksigen terlalu rendah untuk pernapasan manusia juga merupakan peralatan vital bagi pekerja di lingkungan yang memiliki udara berbahaya. Penting untuk memilih jenis alat bantu pernapasan yang tepat untuk pekerjaan itu, dan dilatih dengan tepat dalam penggunaannya.

Keselamatan selalu menjadi pertimbangan utama saat pengapliksian dan penting untuk memastikan bahwa alat tersebut digunakan dengan  dan tepat setiap masalah keselamatan ditangani dengan benar.


Jenis Alat Pernapasan

perangkat ini biasanya sering dikenakan oleh petugas pemadam kebakaran, penyelamat, dan pekerja industri untuk menyediakan udara yang dapat bernapas di atmosfer yang berbahaya bagi kehidupan dan kesehatan. Ada beberapa jenis alat bantu pernapasan, masing-masing dirancang untuk lingkungan dan aplikasi tertentu.

1. Jenis alat bantu pernapasan yang paling umum adalah alat bantu pernapasan mandiri, atau SCBA. SCBA dikenakan oleh petugas pemadam kebakaran saat mereka memasuki kebakaran. Mereka juga dipakai oleh pekerja industri yang bekerja di lingkungan berbahaya, seperti pabrik kimia atau kilang minyak. SCBA memberikan pasokan udara bernapas bertekanan dari silinder yang dikenakan di bagian belakang. Udara dikirim ke pengguna melalui masker atau tudung wajah.

2. Jenis alat bantu pernapasan lainnya adalah respirator pemurni udara, atau APR. APR umumnya digunakan dalam pengaturan industri di mana terdapat kontaminan udara, seperti debu, asap, atau bahan kimia. APR menyaring udara sebelum dihirup, dan dapat digunakan bersamaan dengan SCBA.

3. Masker gas adalah jenis alat bantu pernapasan lainnya. Masker gas digunakan oleh personel militer dan penegak hukum untuk melindungi diri dari agen kimia, biologi, radiologi, dan nuklir (CBRN). Masker gas hanya menyaring udara, dan tidak memberikan udara bertekanan untuk bernapas.

Ada sejumlah faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih jenis alat bantu pernapasan yang akan digunakan, termasuk tingkat oksigen di lingkungan, tingkat kontaminan, dan durasi waktu yang dibutuhkan pengguna untuk memakai alat tersebut. Penting juga untuk memastikan bahwa peralatan dipasang dengan benar dan pengguna mengetahui cara menggunakannya dengan benar agar peralatan tersebut optimal dalam pemakaiannya dan bisa menyelamatkan hidup anda.


Pengaplikasian alat bantu pernapasan di berbagai industri 

Alat bantu pernapasan adalah alat yang dipakai oleh petugas pemadam kebakaran, pekerja penyelamat, dan pekerja industri untuk menyediakan udara yang dapat bernapas di lingkungan yang udaranya berbahaya untuk dihirup. Ada tiga jenis alat bantu pernapasan utama: alat bantu pernapasan mandiri (SCBA), respirator udara yang disediakan (SAR), dan respirator melarikan diri.

SCBA adalah jenis alat bantu pernapasan yang paling umum digunakan oleh petugas pemadam kebakaran. Mereka sepenuhnya mandiri dan memberi pengguna pasokan udara yang dapat bernapas untuk jangka waktu tertentu. SCBA biasanya memiliki silinder udara 30, 45, atau 60 menit.

SAR juga dikenakan oleh petugas pemadam kebakaran dan pekerja industri yang terpapar atmosfer berbahaya. Namun, tidak seperti SCBA, SAR tidak berdiri sendiri dan membutuhkan pasokan udara yang konstan dari sumber eksternal.

Respirator darurat dirancang untuk digunakan dalam situasi darurat di mana udara langsung berbahaya untuk dihirup. Mereka memberi pengguna pasokan udara untuk bernapas dalam waktu singkat (biasanya 15-20 menit) dan biasanya hanya digunakan saat evakuasi tidak memungkinkan.


Industri yang menggunakan alat bantu pernafasan antara lain :

Pemadam Kebakaran: SCBA digunakan oleh petugas pemadam kebakaran untuk memasuki gedung yang terbakar dan memadamkan api.

Penyelamatan: SCBA dan SAR dikenakan oleh petugas penyelamat untuk memasuki bangunan yang runtuh atau lingkungan berbahaya lainnya untuk menyelamatkan orang.

Industri: SCBA dan SAR dikenakan oleh pekerja industri yang terpapar atmosfer berbahaya, seperti di pabrik kimia atau kilang minyak.

Kesehatan: SAR dipakai oleh petugas kesehatan yang terpapar penyakit menular, seperti tuberkulosis.


Memilih Alat Bantu Pernapasan yang Tepat

Ada banyak jenis alat bantu pernapasan yang beredar di pasaran saat ini. Mungkin sulit untuk memilih yang tepat untuk kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih alat bantu pernapasan:


1. Apa kegunaan dari alat bantu pernapasan?

Apakah Anda menggunakannya untuk tujuan industri atau rekreasi? Ada berbagai jenis alat bantu pernapasan yang dirancang untuk kegunaan yang berbeda. Pastikan untuk mendapatkan satu yang dirancang untuk kebutuhan spesifik Anda.

2. Seberapa sering Anda akan menggunakan alat bantu pernapasan?

Jika Anda hanya akan menggunakannya sesekali, Anda mungkin tidak perlu berinvestasi pada model top-of-the-line. Di sisi lain, jika Anda akan sering menggunakannya, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mendapatkan model yang tahan lama yang tahan sering digunakan.

3. Berapa anggaran Anda?

Harga alat bantu pernapasan dapat berkisar dari beberapa ratus dolar hingga beberapa ribu dolar. Pilih salah satu yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

4. Apakah Anda memiliki kondisi medis khusus?

Jika Anda menderita asma atau kondisi medis lainnya, Anda mungkin memerlukan jenis alat bantu pernapasan khusus. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum memilih alat bantu pernapasan.

5. Fitur apa yang Anda cari?

Ada banyak fitur berbeda yang tersedia pada alat bantu pernapasan saat ini. Beberapa fitur umum termasuk pematian otomatis, alarm, dan filter. putuskan fitur mana yang paling penting bagi Anda dan cari alat bantu pernapasan yang memilikinya.


Manfaat Menggunakan Alat Bantu Pernapasan dengan Benar

Alat Pernapasan- Apa itu dan Apa manfaat menggunakannya dengan benar?

Alat bantu pernapasan adalah perangkat yang dikenakan oleh petugas pemadam kebakaran dan responden pertama lainnya untuk menyediakan udara yang dapat bernapas di lingkungan di mana udara tidak dapat dihirup dengan aman. Ada banyak jenis alat bantu pernapasan, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri. Jenis alat bantu pernapasan yang paling umum adalah alat bantu pernapasan mandiri, atau SCBA.


SCBA biasanya digunakan di lingkungan yang udaranya langsung berbahaya bagi kehidupan dan kesehatan, atau IDLH (Immediately Dangerous to Life or Health). Lingkungan ini dapat diciptakan oleh api, asap, bahan kimia, atau bahan berbahaya lainnya. Jika digunakan dengan benar, SCBA dapat memberikan udara aman hingga satu jam bagi pengguna untuk bernapas.

Ada banyak manfaat menggunakan SCBA dengan benar, yang terpenting adalah dapat menyelamatkan hidup anda. Dalam lingkungan IDLH, kadar oksigen terlalu rendah bagi manusia untuk bertahan hidup lebih dari beberapa menit. SCBA menyediakan cara yang aman untuk bernapas di lingkungan ini.

Selain menyelamatkan hidup anda, menggunakan SCBA dengan benar juga dapat membantu anda menghindari cedera. Menghirup asap dan polutan lainnya dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk penyakit pernapasan dan kanker. Mengenakan SCBA dapat membantu anda menghindari risiko kesehatan ini.

Terakhir, menggunakan SCBA dengan benar dapat membantu anda tetap fokus dan waspada saat bekerja di lingkungan yang berbahaya. Saat Anda memiliki SCBA, anda dapat fokus pada pekerjaan anda dan tidak khawatir menghirup udara yang berbahaya. Ini dapat membantu anda tetap aman dan produktif saat bekerja dalam situasi yang berpotensi berbahaya.


Manfaat menggunakan SCBA dengan benar sudah jelas. Jika anda bekerja di lingkungan IDLH, mengenakan SCBA dapat menyelamatkan hidup anda dan membantu anda menghindari cedera. Selain itu, SCBA dapat membantu anda tetap fokus dan waspada saat bekerja. Jika anda bekerja di lingkungan yang berbahaya, pastikan untuk menggunakan SCBA agar tetap aman. 


Pertimbangan Keamanan Khusus untuk Alat Bantu Pernapasan

Alat bantu pernapasan adalah bagian penting dari peralatan keselamatan bagi banyak pekerja, tetapi juga merupakan salah satu alat yang paling berbahaya jika digunakan secara tidak benar. Ada banyak pertimbangan keamanan khusus yang harus diperhatikan saat menggunakan alat bantu pernapasan, dan ini harus diikuti dengan ketat untuk menghindari kecelakaan atau cedera.


Salah satu pertimbangan terpenting adalah untuk selalu memastikan bahwa alat bantu pernapasan dipasang dengan benar sebelum digunakan. Ini berarti topeng harus memiliki ukuran dan bentuk yang benar untuk wajah Anda, dan talinya dikencangkan dengan benar. Penting juga untuk memastikan tidak ada kebocoran pada masker atau peralatan, karena hal ini dapat menyebabkan gas atau partikel berbahaya masuk ke paru-paru Anda.


Pertimbangan keamanan lainnya adalah untuk selalu menggunakan alat bantu pernapasan di area yang berventilasi baik. Ini untuk memastikan bahwa Anda tidak menghirup asap atau gas berbahaya yang dapat menumpuk di ruang terbatas. Jika Anda harus memasuki ruang terbatas, pastikan Anda memiliki jalur keluar yang jelas dan tidak terhalang, jika terjadi keadaan darurat.


Terakhir, penting untuk memeriksa dan merawat alat bantu pernapasan Anda secara teratur. Ini termasuk memeriksa kerusakan atau keausan, dan memastikan bahwa semua bagian bersih dan berfungsi dengan baik. Dengan mempertimbangkan pertimbangan keselamatan khusus ini, Anda dapat membantu memastikan bahwa Anda dan rekan kerja Anda tetap aman saat menggunakan alat bantu pernapasan. 


Komponen-komponen SCBA :

1. Face mask (topeng wajah), berfungsi untuk melindungi muka dari pancaran radiasi panas, udara yang beracun serta kadar oksigen yang yang minim. Face mask terdiri dari berbagai bagain yang berfungsi untuk :

  • Diapraghm, alat untuk mempermudah komunikasi dari jarak yang dekat
  • Exhalation valve, alat sebagai jalan keluar udara yang dihembuskan dari pengguna
  • Glass lens, pelindung wajah dari radiasi dan dan menjaga suhu tsabil
  • Strap fasteners, alat pengencang masker guna mencegah kebocoran udara
  • Hanger strap, tali sebagai penggantung leher pada masker

2. Backframe, berfungsi sebagai tempat untuk penahan dan memproteksi tabung silinder

3. Shoulder strap, berguna untuk memboyong SCBA

4. Waist belt, berguna untuk melonggarkan dan menguatkan sabuk ditubuh pengguna.

5. Hose connector, berguna sebagai penyalur oksigen melalui tabung silinder menuju mask.

6. Pressure gauge, bertujuan buat melihat oksigen atapun tekanan udara didalam tabung.

7. Reducer valves, berguna sebagai pengurang pressure udara yang disalurkan melalui tabung silinder supaya bisa disamakan seperti kebutuhan oksigen pengguna.

8. Lung demand valves, berguna sebagai  penyesuai tekanan oksigen agar sesuai bagai udara normal.

9. Silinder, berguna menjadi penyimpanan oksigen yang telah dikompresi melalui BA komopser

10. Silinder valve, berguna untuk membuka dan menutup klep dari tabung SCBA

11. Alarms, berguna sebagai tekanan tinggi apabila isi tabung sudah mencapai limit maksimal dan tekanan rendah kalau isi tabung silinder sudah mencapai batas aman untuk pemakaian.


Posting Komentar untuk "Alat bantu pernafasan: tipe, pengaplikasian, pertimbangan keamanan, manfaat serta komponen (set)"